SOTO CEKER MADURA
STRENGTH
Dalam suatu usaha , dibutuhkan kekuatan untuk dapat memajukan usahanya dan menjaga kelangsungan hidup usahanya . Berdasarkan analisis kami , berikut ini merupakan faktor yang menjadi kekuatan dari usaha soto ceker madura :
· Lokasi
Lokasi usahanya sangat strategis karena berdekatan dengan kampus Gunadarma kalimalang. Dengan kondisi ini , maka mahasiswa lah yang menjadi konsumen utamanya sehingga sangat terlihat tempat usaha ini hampir tidak pernah sepi pembeli karena selalu menjadi pilihan bagi sebagian mahasiswa untuk makan siang .
· Cita Rasa
Menurut kami cita rasa yang enak merupakan salah satu kekuatan dalam kemajuan usaha ini . Cita rasa enak yang selalu dijaga oleh penjual ini lah yang membuat para konsumen khususnya mahasiswa ketagihan untuk kembali makan soto ceker madura ini dan tidak sedikit yang menjadi konsumen tetap yang hampir setiap hari makan di tempat ini .
· Harga
Rp 7.000,- untuk satu porsi soto termasuk harga yang sangat terjangkau di kalangan mahasiswa . Dengan harga yang relatif murah , soto ceker madura ini cenderung menjadi pilihan mahasiswa sebagai konsumen utama selain itu , dengan harga yang murah ini tidak hanya menjadi pilihan mahasiswa tetapi juga oleh orang-orang yang tinggal di lingkungan sekitar .
WEAKNESS
Disamping kekuatan , setiap usaha pasti memiliki kelemahan atau kendala yang harus dihadapai dalam usahanya. Berdasarkan analisis kami , berikut ini kelemahan dari usaha soto ceker madura :
· Waktu sewa tempat
Karena tempat yang digunakan untuk berjualan bukanlah tempat usaha sendiri melainkan masih harus menyewa , mereka diberi batas waktu per hari untuk bisa berjualan di tempat ini . Soto ceker madura ini buka dari pukul 09.00 dan tutup pada pukul 15.00 setiap harinya , padahal menurut kami kemungkinannya sangat besar untuk bisa menjual lebih banyak porsi soto setiap harinya jika mereka diberi waktu sewa yang lebih panjang .
· Fasilitas
Berkaitan dengan alasan sebelumnya yakni tempat yang mereka gunakan untuk membuka usaha adalah lahan sewa . Dengan demikian , fasilitas yang diberikan untuk konsumen pun tidak maksimal . Contoh yang sangat terasa adalah kurangnya bangku dan meja yang digunakan konsumen untuk makan , seringkali tidak tersedia tempat untuk makan atau harus menumpang pada tempat pedagang lain bagi konsumen yang baru datang ,karena tempatnya sudah terlalu penuh , bahkan tidak jarang para konsumen mengurungkan niatnya untuk makan di tempat ini karena alasan tersebut .
OPPORTUNITY
Opportunity merupakan peluang yang ada dalam setiap usaha , bagaimana cara entrepreneur mampu untuk memanfaatkan peluang yang ada . Menurut kami , usaha ini memiliki peluang yang sangat baik karena memiliki lokasi yang strategis dan sudah memiliki banyak konsumen tetap , jika di masa mendatang usaha ini memiliki lokasi usaha sendiri dengan kata lain tidak harus menyewa sehingga jam untuk berjualannya tidak dibatasi dan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen seperti fasilitas , tetapi dengan lokasi yang tetap berada di sekitar kampus maka peluang atau kesempatan usaha ini untuk lebih maju adalah sangat besar karena dengan keadaan seperti sekarang saja Soto ceker madura ini sudah cukup ramai terlebih jika weakness dari usaha mereka bisa di minimalisir .
THREATS
THREATS adalah ancaman bagi kelangsungan usaha , dengan adanya ancaman ini setiap usahawan ditantang untuk dapat menghadapi ancaman tersebut . Menurut kami , faktor-faktor berikut ini yang menjadi ancaman bagi usaha soto ceker madura ini :
· Pesaing
Di lokasi usaha mereka terdapat banyak penjual makanan lainnya bahkan tidak sedikit juga yang sudah memiliki tempat yang lebih baik dan memadai dari segi tempat , fasilitas dan pelayanan untuk konsumen . Dengan semakin banyaknya tempat usaha dengan fasilitas yang lebih baik ini menjadi ancaman bagi usaha ini apabila penjualnya tidak mampu untuk meningkatkan fasilitas mereka saat ini .
· Kenaikan BBM
Menurut kami , pernyataan yang menyebutkan bahwa harga BBM akan naik dalam waktu dekat ini secara tidak langsung akan menjadi ancaman yang cukup berarti bagi para pedagang termasuk pedagang soto ceker madura ini karena dengan naiknya harga BBM , akan mempengaruhi kenaikan harga sektor lainnya termasuk bahan untuk membuat soto ceker ini . Apabila harga bahan-bahan baku untuk membuat soto ceker ini sudah naik , mereka harus membuat keputusan untuk ikut menaikkan harga soto ceker per porsinya yang akan mengurangi kekuatan usaha mereka bagi konsumen atau tetap mempertahankan harga saat ini tetapi dengan risiko mendapat keuntungan yang lebih kecil dari sebelum harga BBM ini naik .
· Alih fungsi lokasi
Lokasi usaha yang dekat dengan supermarket dan ruko juga berada di dalam lingkungan parkir menjadi ancaman besar bagi pedagang soto ceker madura ini . Karena apabila sewaktu-waktu tempat mereka untuk berjualan diberhentikan kontraknya dan akan dialih fungsikan untuk perluasan tempat parkir maka mereka harus pindah ke tempat lain tetapi tidak mudah untuk mencari tempat baru untuk usaha mereka karena harus beradaptasi lagi dan tidak bisa jauh dari lokasi kampus karena pada sebelumnya mahasiswa lah yang menjadi konsumen utama mereka .
NAMA KELOMPOK :
1. ARINI VONA ROMADHONI 21211161
2. IMELDA SETIAWATI PUTRI 23211549
3. JUDHISTIRA ANGGRAINI SARASWATI 28211335
1EB18
1EB18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar